EFEKTIVITAS STRATEGI TTW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII PUTRI SMPS PESANTREN MODERN RAHMATUL ASRI ENREKANG

patmawati .(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Matematika UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1516

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivan penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMPS PPm Rahmatul Asri Enrekang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putri SMPS PPM Rahmatul Asri Enrekang yang terdiri atas tiga kelas, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIE sebanyak 20 orang dan kelas VIIIF sebanyak 24 orang dengan perlakuan yang sama, sehingga  sampel dalam penelitian ini terhitung one group. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling.  Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data respon siswa terhadap perangkat pembelajaran, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan strategi TTW berada pada kategori baik, (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan strategi TTW lebih baik daripada hasil belajar siswa sebelum penerapan strategi TTW, dari ketiga kelompok gaya belajar siswa SMPS PPM Rahmatul Asri, diperoleh  hasil belajar siswa auditorial lebih baik daripada siswa visual dan kinestetik, (3) Respon siswa baik siswa visual, auditorial, dan kinestetik terhadap perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat positif, (4) Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan strategi TTW berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji One Way Anova menunjukkan bahwa penerapan strategi TTW efektif dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi kubus dan balok.

 



Keywords


Strategi TTW, Pembelajaran Matematika, Gaya Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 474 times | PDF view : 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: