MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK YANG VALID DAN EFEKTIF PADA SMAN 4 KENDARI

Zulkifly Musthan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1143

Abstract


Tujuan peneitian ini adalah untuk menghasilkan  model pembelajaran PAI berbasis TIK yang valid dan efektif pada SMAN 4 Kendari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Borg dan menggunakan pendekatan teknik analisis berbasis ICT untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid dan efektif di SMAN 4 Kendari. Hasil uji coba I adalah Model PAI TIK sudah terlaksana dengan baik, tetapi belum efektif, karena ketuntasan klasikal belum tercapai dan aktivitas siswa belum sesuai yang diharapkan. Kemudian merevisi model sebelum dilakukan uji coba II. Hasil uji coba II adalah Model PAI TIK sudah efektif, karena ketuntasan klasikal telah tercapai, aktivitas siswa sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran sudah dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pembelajaran  dalam kategori positif. Berdasarkan hal tersebut, maka diperoleh model pembelajaran PAI berbasis TIK yang valid dan efektif.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 983 times | PDF view : 726 times

Refbacks



Copyright (c) 2015 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: