Meningkatkan Hasil Belajar Materi IPS Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Pendekatan Scientific
(1) SMPN 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7253
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Anonim, 1999. Bahan Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah. Departemen Pendidikan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah (Secondary School Teaher Development Project) IBRD Loan No. 3979-IND.
Anonim, 2008. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Anonim. 2010. Belajar dan Hasil Belajar, (online), http://techonly 13.wordpress. com/2010/07/03/belajar-dan-hasil-belajar/, diakses 3 Juli 2010.
Anonim. 2011. Pengertian hasil belajar, (online),http//www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html.
Anonim.2011.https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembela
jaran-langsung).
Anonim. 2016. Permendikbud No. 024 Lampiran 1 KI,KD Mata Pelakjaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Anonim. 2017a. Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku siswa SMP/MTS kelas VII. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Anonim. 2017b. Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku guru SMP/MTS kelas VII. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Anonim. 2017c. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Kementerian pendidikan dan kebudayaan Direktorat pembinaan sekolah menengah pertama, cetakan ketiga 2017.
Dayan, Anto. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Harjani. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Milles., Huberman. 1992. Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Riyanto,Yatim, H,Dr, Prof, 2009. Paradiqma Baru Pembelajaran. Jakaeta. Kencana Prenadamedia group.
Sandra, lusiana. 2010. Teori Belajar Social. Tersedia pada: http://scribd.com/
doc/45186694/teori-belajar-sosial. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2013
pukul 20.00 WITA.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua . Terjemahan Tri Wibowo B.S. 2008. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widoyoko, Putro, Eko, S. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka pelajar.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yandianto. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung. M2s Bandung.
Article Metrics
Abstract view : 460 times | PDF view : 52 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rahmat Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact: +6285341579686