IMPROVING STUDENT’S LEARNING ACHIEVEMENT ON MATHEMATICS THROUGH COOPERATIVE LEARNING TYPE THINK PAIR SHARE (TPS)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i2.9818
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalea, I. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 26 Agustus.
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asnawi, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press.
Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Firdaus, A.M. 2019. Aplication Of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share (TPS) On Mathematical Communication Ability. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Volume 7 No. 1, Maret 2019.
Lasmanah, A. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII-A SMPN Sukasari Sumedang). Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika Volume II No. 3, September 2016.
Lubis, C.M. & Surya, E. 2016. Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Stop Think Do Pada Siswa MTs. Budi Agung. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No. 2, Juli 2016.
Marta, R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 No. 2, November 2017.
Mufidah, L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.1, No.1, April 2013.
Nasir, A.M. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Statistika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Kompetensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume 10 No. 02, 2016.
Saiman. 2016. Analisis kesulitan Belajar Siswa Dalam Belajar Statistik Khususnya Pada Histogram. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 No. 2, September 2016.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Article Metrics
Abstract view : 294 times | PDF view : 57 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rini Setyaningsih, Sri Rejeki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/