IMPROVING MATHEMATICS COMMUNICATION CAPABILITIES THROUGH DIRECT TEACHING MODELS WITH PROBLEM POSING APPROACHES
(1) SMA Negeri 4 Sinjai
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i1.8842
Abstract
IMPROVING MATHEMATICS COMMUNICATION CAPABILITIES
THROUGH DIRECT TEACHING MODELS WITH PROBLEM POSING APPROACHES
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara
Asikin, Mohammad. 2002. Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Matematika Edisi Khusus. hlm 492-496.
Asri, Marwan dan Wahyu Widayat. 1986. Linear Programing. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Bakhtiar, Amsal. 2004. Filsafat Ilmu. Jakarta. Rajawali Press.
Gintings, Abdorrakhman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Humaniora
Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Jacob, C. 2002. Matematika sebagai Komunikasi. Matematika Edisi Khusus. hlm 378 - 382.
Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Lisnawaty. 2009. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Negeri 1 Maros”. Tesis tidak diterbitkan, Makassar: PPs UNM Makassar.
Mauludin, Ujang. 2005. Matematika Program Ilmu sosial dan Bahasa. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Muhkal, Mappaita. 2009. Hakikat Matematika dan Hakikat Pendidikan Matematika.Diktat kuliah Tidak diterbitkan
Pesta dan Cecep Anwar. 2008. Matematika Aplikasi Untuk SMA dan MA Kelas XII Program Ilmu Alam: Pusat Perbukuan Depdiknas
Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana
Russefendi. 1988. Perkembangan Kompetensi Guru. Bandung: Tarsito.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Diklat instruktur/pengembangan matematika SMU. Widyaswara PPG matematika Yogyakarta.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, (konstalasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.
Slavin, Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks
Sugiman. 2000. Konstruktivisme Melalui Pendekatan Realistik dalam Pengajaran Matematika. Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. hlm 165 - 170.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia
Sumardyono. 2007. Tips Dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Yogyakarta: Depdiknas
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving. Bandung: Pustaka Ramadhan
Van De Walle, John. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga
Wardhani, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Article Metrics
Abstract view : 282 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ediaman A.R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/