THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) WITH PAIKEM APPROACH IN LEARNING MATHEMATICS ON THE MATERIAL CIRCLE AT THE SECOND GRADE/CLASS VIII OF SMPN 1 MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v6i1.5599
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansjar, Muhammad. 2009. 2 November. “Pelajaran Matematika Keliru Dipahami”. Kompas. hlm.12.
Daryanto, Tasrial. 2012. konsep pembelajaran kreatif. Yogyakarta: Gaya Media.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Huda, M. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jauhar, Mohammad. 2011. implementas PAIKEM dari behavioristik sampai konstruktivistik, Sebuah pengembangan pembelajaran berbasis CTL. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Lie, Anita. (2009). Cooperative Learning Mempraktikkan di Ruang-ruang Kelas.
Jakarta: Grasindo.
Nurwati. 2009. Studi tentang Pembelajaran Koperatif tipe STAD, Jigsaw pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua variabel di Kelas VIII MTsN Model Makassar. Tesis tidak diterbikan. Makasar: PPs UNM.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran.Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Saedi, Muhammad. 2009. Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah menurut Polya.Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: CV. Rineka
Slavin, R.E. 1995. Cooperatif Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed). Boston: Allyn and Bacon.
Soedjadi, R. 2007. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Martematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Sudjana, Nana. dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pt.Prestasi Pustaka
Article Metrics
Abstract view : 460 times | PDF view : 123 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rizka Ridha Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/