COMPARATIVE COOPERATIVE LEARNING MODEL OF JIGSAW II TYPE AND NHT TYPE IN SOCIAL ARITHMETIC LEARNING AT GRADE VII STUDENTS OF SMP NEGERI I MAKASSAR
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v1i2.3573
Abstract
Keywords
References
Anonim. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II. Online (http://P4tkmatematika.com/web/indeks.php?option=com-content&task=view&id=139&itemid=69). Paket Penataran. Diakses tanggal 16 januari 2009
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak-anak Berkesulitan Belajar. kerjasama. Jakarta: Rineka Cipta.
Arends, Richard . 2000 . Learning to Teach Fifth Edition . New York: McGrow-Hill Companies,Inc.1221 Avenue of the America.
Arends, Richard, 2008. Learning To Teach, Belajar Untuk Mengajar. Pustaka Pelajar. Celeban Timur UH III/548 Yokyakarta.
Budi Santosa. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS.Yokjakarta : Andi Yokjakarta.
Dahar, Willis Ratna. 1998. Teori-teori belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djadir, 2005. Studi Eksplorasi Keterlaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di SMP. Jurnal Ilmu Kependidikan. Makassar: Lembaga Penjamin Mutu pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan.
Djawa Djong, Kristiforus. 2006. Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk Pokok Bahasan Sistim Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMK St Theresia Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika (MATHEDU). Surabaya: UNESA.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
Ibrahim, dkk ,2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA –Universitas Press.
Isakandar, 2007. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Pokok SubBahasan Volume Benda Ruang di Kelas X SMA. Jurnal Pendididkan Matematika (MATHEDU). Surabaya. UNESA.
Muhammad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA. 2001. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatankonstruktivisme Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA-Universitas Negeri Surabaya.
Muhkal, Mappaita: 1994. Hubungan Antara Konsep Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-siswa Kelas I SMA Negeri di Kota Madya Ujung Pandang. Tesis PPs IKIP Malang
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertaasi PPS Universitas Negeri Surabaya.
Salama, Umi. 2008. Berlogika dengan Matematika 1. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Suradi, 2005. Interaksi Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Secara Kooperatif. Disertasi PPS Universita Negeri Surabaya.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Suherman, Herman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Perestasi Pustaka.
Tiro, Muhammad Arif, 2007. Dasar-dasa Stattistika (cetakan ketujuh). Makassar: Badan penerbit Universitas Negeri Makassar.
Analisis Korelasi dan Regresi Edisi kedua. Makasar: Universitas Negeri Makassar.
Skem, Richard.1982. The Psychology of Learning Mathematics. Cetakan ke enam. Great Britain: Hazell Walcon & viney Ltd
Article Metrics
Abstract view : 452 times | PDF view : 59 times PDF view : 66 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ruslan Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/