PENGARUH METAKOGNISI, MOTIVASI BELAJAR, DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SABBANGPARU KABUPATEN WAJO

Wahyuddin M(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2453

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan metakognisi, motivasi beajar, kreativitas belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa, 2) mendeskripsikan pengaruh metakognisi, motivasi belajar, kreativitas belajar secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo yang berjumlah 75 orang dengan mengambil populasi sebagai sampel (sampel jenuh), pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen untuk mengukur metakognisi, motivasi belajar, kreativitas belajar siswa, dan tes untuk kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat metakognisi siswa  berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 71,85, tingkat motivasi siswa berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 76,42, kreativitas siswa berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 68,27 dan kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nila 74,80. Koefisien pengaruh metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,470 dengan nilai p = 0,000 < 0,05; Koefisien pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,416 dengan nilai p = 0,009 < 0,05; Koefisien pengaruh koefisien pengaruh kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,487 dengan nilai p = 0,000 < 0,05, Hal ini menunjukkan bahwa metakognisi, motivasi belajar, kreativitas belajar berpengaruh signifikan positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga dapat diartikan bahwa semakin baik metakognisi, motivasi belajar, dan kreativitas belajar yang dimiliki siswa, maka kemampuan pemecahan masalah bagi siswa tersebut tersebut semakin tinggi.

Kata kunci: Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar, dan

                   Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, 2013. Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 2, Desember 2013, hlm. 187-195.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Firdaus, A. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. (online),(http:// madfirdaus. wordpress. com/2009/11/23/kemampuanpemecahan- masalah-matematika/, diakses 13 Desember 2015)

Ihsan, Muhammad. 2013 tentang pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Belajar Siswa SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Tesis PPs UNM, Tidak Diterbitkan..

Matlin. M.W.1994. Cognition. Ed 3th. USA: State University of New York.

Nurfitriyanti, 2014 tentang Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Kalkulus, Jurnal Formatif. 219-226, 2014 ISSN: 2088-351X.

Nuzliah, 2015. Kontribusi Motivasi Belajar, Kreativitas terhadap Problem Solving (Pemecahan Masalah) Siswa dalam Belajar Serta Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling Di SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi Vol 1, Nomor 2, July 2015.

Sappaile, Baso Intang. 2012. Menumbuhkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar (Jurnal). Jurnal Pendidikan Matematika volume 3 nomor 1.(online).( http://jurnal-pmat.webs.com diakses 25 Februari 2015)

Sugiyono 2001. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suherman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika UPI-JICA. Bandung.

Taccasu Project. 2008. Metacognition. [Online]. Tersedia: http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metacognition.html.

Uno, B. Hamzah, 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyudi, Iwan. 2012 Pengaruh Pembelajaran Collaborative Murder (Mood,Understanding, Recall, Detect, Elaborate, Review) Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS : Studi Eksperimen Kuasi Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Pangalengan Universitas Pendidikan Indonesia (online) (repository.upi.edu.diakses 30 desember 2015).


Article Metrics

Abstract view : 1374 times | PDF view : 1515 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Wahyuddin M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats