PROFIL PEMAHAMAN NOTASI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Andi Yunarni yun Yunarni(1*),

(1) Makassar State University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1291

Abstract


Aljabar  merupakan bahasa simbol dan relasi, untuk memudahkan belajar aljabar siswa harus memiliki pemahaman konseptual tentang penggunaan simbol-simbol aljabar dan pemahaman ini  salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan verbal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikanpemahaman notasi aljabar siswa ditinjau dari kemampuan verbal. Instrumendalam penelitianiniadalah penelitisendirisebagaiinstrumenutamayang dipandu tes kemampuan verbal, tes pemahaman notasi aljabar (TPNA), dan pedoman wawancara.Subjek penelitianadalahsiswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 3 kelompok yaitu 2 orang siswa verbal tinggi, 1 orang siswa verbal sedang, dan 1 orang siswa verbal rendah.Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tes kemampuan verbal, tes pemahaman notasi aljabar tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dalam 3 kelompok tersebut terdapat 2karakter berbeda pada verbal tinggi, dan masing-masing 1 karakter pada verbal sedang dan rendah yang diperoleh dari tes pemahaman notasi aljabar. Siswa yang memiliki verbal tinggi memahami notasi aljabar sebagai sebuah simbol aljabar akan tetapi belum mampu membedakan antara simbol dan variabel aljabar, Siswa yang memiliki verbal sedang memahami notasi aljabar sebagai sebuah simbol aljabar akan tetapi belum mampu membedakan antara simbol dan variabel aljabar, sedangkan siswa yang memiliki verbal rendah belum mampu memahami notasi maupun variabel aljabar .

 

Kata kunci    :   Pemahaman Notasi Aljabar, Notasi Aljabar, Kemampuan Verbal.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1473 times | PDF view : 1484 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Andi Yunarni yun Yunarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Magister Program of Mathematics Education

prostgraduate Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by

  

 

  

 

 Creative Commons License
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats