PELATIHAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN SISWA BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Hasmawati Hasmawati(1*), Abdul Haling(2), Syarifah Fatimah(3), Yusri Yusri(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9347

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas  pelatihan pengembangan model pembelajaran berbasis analisis kebutuhan siswa bagi guru sekolah dasar.  Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen, dalam hal ini adalah quasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini ialah 30 guru sekolah dasar yang bersedia untuk mengikuti pelatihan yang diberukan. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert  serta wawancara dan observasi.  Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskripif dan statistik inferensial dalam hal ini adalah paired sample t-test. Hasil analisis data pre-test dan post-test dengan menggunakan teknik  paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signfikansi sebesar (0.oo) lebih kecil dari (0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan mengenai kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 398 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.