PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA

Hasnah Hasnah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media visual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dalam hal proses pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh. Pada tahap prasiklus diperoleh skor rata-rata 63,2, tahap siklus I meningkat menjadi 78,8, dan tahap siklus II meningkat lagi menjadi 88,75. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari setiap tahap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual dinilai berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Negeri I Wonomulyo Polewali Mandar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9345

Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Published:

Lembaga Penelitian

Jln. A.P.Pettarani, Gedung Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar. Ruang Lembaga Penelitian Lantai 10

email: lemlitunm@gmail.com

Index: