EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Reskiwati Salam(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4820

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran  kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2013/2014 pada semester ganjil yang kemudian dengan menggunakan metode simple random sampling terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument berupa tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS secara signifikan lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkat pada skor kepercayaan diri, tidak terjadi peningkatan skor kepercayaan diri antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2004 times | PDF view : 1615 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 .



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.