PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR JARRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK ASAM-BASA

Mutmainnah Latief(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4819

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular jarra dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan permainan sebagai media pembelajaran pada materi pokok asam-basa. Diharapkan produk yang dikembangkan dapat merangsang siswa belajar mandiri dengan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan berbasis produk Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan/implementasi. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba yang melakukan remedial dengan jumlah siswa 18 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk semua item dan aspek yang diukur, penilaian kevalidan media memperoleh kriteria valid dan baik, penilaian kepraktisan media adalah sangat baik dan praktis.  Hasil pretest-posttest, gain = 0.41379 (0,7> g >0,3 = sedang) dan terdapat peningkatan sangat tinggi/sangat baik untuk semua aspek motivasi belajar yang diukur. Dari hasil tersebut menujukkan media permainan yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif, sehingga dapat disimpulkan media permainan yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1100 times | PDF view : 656 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 .



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.