PELAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

Sirajuddin Saleh(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Personnel administration services is one type of administrative services at the Faculty of education is still often get the spotlight from the employee served. Various deficiencies or weaknesses in providing administrative services personnel need to be evaluated in order to get a completion, so that service personnel in the future much simpler to keep referring to the basic essence that employment rights can be obtained when the obligations have been met by the civil servants concerned. Therefore the speed, accuracy and thoroughness in providing staffing services will provide more value when the settlement process can be done on time and on target. The results showed that: (i) Service personnel administration at the Faculty of Education, State University of Makassar as a whole has not been optimal. This is due to the absence of a set of service standards as a guide in providing administrative services personnel. (ii) Factors that support the implementation of administrative services officers are sufficient numbers of staff there still exists some employees who have the passion and motivation, and reward / compensation is adequate. While the factors that hinder the work is the absence of procedures, the ability of officers who are still limited, inadequate support facilities as well as the discipline of some employees are still low.

Keywords


personnel administration

Full Text:

PDF

References


Arismunandar. 2007. Membangun Tata Kehidupan Akademik Menuju UNM yang Berdaya Saing Tinggi dan Bermartabat. Disampaikan pada Pemaparan Program Kerja Bakal Calon Rektor UNM Periode 2007-2011. Makassar: UNM.

Arsani. 2008. Strategi Peningkatan Disiplin Pegawai di Lingkungan Pemerintah Daerah di Sulawesi Selatan. Tesis. Tidak Siterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNHAS.

Badan Kepegawaian Negara. 1979. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: BKN.

Batinggi, A. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Universitas Terbuka, Jakarta

Dwiyanto, A. 2010. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Faozan, H. 2001.Mengoptimalkan Key Enablers of Innovation Sebagai Key Leverages Reformasi Birokrasi (Sebuah Tinjauan dari Perspektif Organization Development), Jakarta: STIA LAN Press.

Indrawan, Heri. 2008. Pemberian Sanksi Adminstrasi Disiplin Pegawai Negeri Sipil Sebagai pembentukan Aparatur yang Bersih dan Berwibawa. Tesis. Tidak Diterbitkan. Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jakarta.

Kuntjoro, Tjahjono. 2008. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta. Fakultas Kedokteran UGM.

LAN. 2003, Penyusunan Standar Pelayanan Publik, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

------. 2007, Pelayanan Publik, Akuntabilitas dan Pengelolaan Mutu, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Mohamad, Ismail, 2008, Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Melalui Pengembangan Standar Pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat, Makalah, disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara Tingkat Nasional Tahun 2008, pada tanggal 12 Februari 2008, Jakarta.

Moenir, H. A. S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfaizal. 2008. Analisis tentang Kemampuan Pegawai Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Tugas pada Dinas Cipta Karya Kabupaten Banyumas. Jurnal

JURNAL EKLEKTIKA, April 2016, Volume 4 Nomor 1 19

ManajerialVolume 4 Nomor 1Tahun 2008.

Purwaka 2010. Tingkatkan Pelayanan Kepegawaia (pidato Pelantikan Kepala BKD Jawa Timur) www.jatimprov.go.id/, diakses pada tangal 15 Mei 2011

Ratminto. & Winarsih A. S 2010. Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robbins, Stephen, P. 2003. Organizational Behavior. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Klaten: Intan Sejati.

Sanapiah, Abdul. A. 2009. Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen Organisasional Terhadap Efektivitas Organisasi Pemerintah Kabupaten Tangerang. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Makassar. Program Pascasarjana UNM Makassar.

Suharjono. 2010. Pengantar Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Bahan Ajar. Disajikan dalam Penataran Pelayanan Prima. Manado, 5-8 Desember 2010.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik. Jakarta: BKN

Wicaksono, Kristian. W. 2006. Administrasi dan Birokrasi Pemerintah. Bandung: Graha Ilmu.

Widiastuti, B. 2005. Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Dan Kemampuan terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Di Bagian TU Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Tesis. Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung


Article Metrics

Abstract view : 4287 times | PDF view : 632 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Eklektika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Pendidikan: diterbitkan sejak bulan April 2013

oleh Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar; Pembina: Direktur PPs UNM; Penanggung Jawab: Asisten Direktur I; Supervisor: Ketua Program Studi Administrasi Pendidikan PPs UNM.

p-ISSN: 2337-4977 dan e-ISSN: 2621-0223

free hit counter View My Stats

Terindex Oleh: