ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASAM BASA PADA TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF DI KELAS XI IPA SMA/MA DI KEC. BULUKUMPA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8954
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal asam basa kelas XI IPA di SMA/MA di Kec. Bulukumpa dan mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal asam basa kelas XI IPA di SMA/MA di Kec. Bulukumpa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendekripsikan keterampilan kritis dan kreatif siswa dalam mengerjakan soal kimia SMA/MA khususnya asam basa. Metode pengumpulan data melalui pengambilan data dengan cara melakukan tes keterampilan berpikir kritis dan kreatif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis di SMA/MA di Kec. Bulukumpa memiliki kategori yang tergolong rendah, persentase indikator yang memiliki nilai yang lebih baik yaitu pada indikator memberikan klarifikasi dasar dan paling rendah yaitu mengatur strategi dan taktik serta keterampilan berpikir kreatif di SMA/MA di Kec. Bulukumpa memiliki kategori yang tergolong rendah juga walupun kategori dari tiap indikator memiliki nilai yang berber-beda pula namun masih dalam kategori rendah. persentase indikator yang memiliki nilai yang lebih baik yaitu pada indikator kelancaran dan keluwesan serta yang paling rendah yaitu keaslian
Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, Keterampilan berpikir kritis, asam basa
ABSTRACT
This aim of the study is to find out the critical thinking skills of students in acid-base class XI IPA in the SMA / MA in Kec. Bulukumpa and know the critical thinking skills of students in acid base problem class XI IPA in the SMA / MA in the district. Bulukumpa. This research is a qualitative descriptive study that describes students' critical and creative skills in working on the chemistry problems of SMA / MA especially acid-base. Methods of collecting data through data collection by conducting tests of critical and creative thinking skills and interviews. The results of this study indicate that critical thinking skills in SMA / MA in Kec. Bulukumpa has a relatively low category, the percentage of indicators that have a better value is that the indicator provides the basic and clarification, but lowest in strategies and tactics. Creative thinking skills in the SMA / MA in Kec. Bulukumpa has a relatively low category, although the categories of each indicator have different values but are still in the low category. the percentage of indicators that have a better value is the indicator of fluency and flexibility and the lowest is authenticity
Keywords: critical thinking skill, creative thinking skill, acid base
Full Text:
DOWNLOAD PDFArticle Metrics
Abstract view : 419 times | DOWNLOAD PDF view : 125 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.