PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 18 BONE (STUDI PADA MATERI POKOK KOLOID

Asmawati Ilyas, Muhammad Wijaya, Muhammad Danial

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran proses pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi pokok koloid, (2) menghasilkan modul pembelajaran berbasis proyek yang valid, efektif dan praktis, (3) untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skills) peserta didik di SMA Negeri 18 Bone. Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok koloid berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model ADDIE yang terbagi dalm lima tahapan yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil analisis berada pada kategori sangat valid. Hasil analisis keterlaksanaan modul pembelajaran berbasis proyek dari segi aspek dan kriterianya terlaksana seluruhnya dengan nilai rata-rata 1,83, didukung oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 3,66, dan respon guru yang sangat positif dengan nilai rata-rata mencapai 95% sehingga modul pembelajaran berbasis proyek memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan ditunjukkan oleh ketuntasan belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone yang mencapai 83,3 %, didukung oleh respon peserta didik yang sangat positif dengan nilai rata-rata 92,67% sehingga modul pembelajaran berbasis proyek memenuhi kriteria efektif. Hasil pengamatan kecakapan berpikir (thinking skill), kecakapan sosial (social skill), dan kecakapan akademik (academic skill) menunjukkan persentase peningkatan pada setiap pertemuan. Dengan demikian modul pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi pokok koloid yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kecakapan hidup (life skills) peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone.

 

Kata kunci: Modul pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Koloid, Kecakapan hidup (life skills).

 

 

ABSTRACT

The study aims at (1) discoreing the description of development process on project based learning module on colloid subject material, (2) producing project based learning module which is valid, effective, and practical, and (3) inproving life skills of the students at SMAN 18 in Bone. The development of project based leraning module on colloid subject material referred to ADDIE model which consisted of five steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The project based learning model developed was validated by two experts with the result that it was in very valid category. The result of the implementation of project based learning module score 1,83, supported by teachers’ ability in classroom management in very high category with the mean score 3,66, and teacher’s response was in very positive category with the mean score achieved 95%; thus, the project based learning module had met the practical criteria. The level of success in field test was shown by the mastery of grade XI IPA students at SMAN 18 in bone that achieved 83,3%, supported by students’ response which was very positive with the mean 92,67%; thus, the project based learning module had met effective criteria. The observation result of thinking skill, social skill, and academic skill indicated that improvement in percentage in each meeting. Therefore, the project based learning module on colloid subject material which had been developed had met the criteria of valid, practical, effective and able to improve life skills of grade XI IPA student at SMAN 18 in Bone.

 

Keyword : learning module, project based learning, colloid

Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8721

Article Metrics

Abstract view : 61 times | DOWNLOAD PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.