PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK SCIENCE FLASHBOOK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK PARTIKEL

Alim Al Ayubi Syam, Muhammad Danial, . Sudding

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar elektronik Science Flashbook mata pelajaran IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Al Biruni Makassar dengan jumlah peserta didik 20 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data untuk mengukur kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang digunakan adalah angket respon, lembar validasi, lembar pengamatan, dan lembar tes belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan semua item dan aspek yang diukur yaitu penilaian kevalidan media memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,83, penilaian kepraktisan media adalah praktis dengan persentase 93,75% pada total kriteria “Sangat Setuju” dan “Setuju”. Hasil belajar peserta didik adalah 80% dan 8 aktivitas yang diamati terlaksana dengan baik. Hasil tersebut menujukkan bahwa bahan ajar elektronik Science Flashbook mata pelajaran yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif, sehingga dapat disimpulkan bahan ajar elektronik Science Flashbook mata pelajaran IPA yang dihasilkan layak dijadikan sebagai media dan sumber pembelajaran.

 

Kata kunci  : pengembangan, bahan ajar elektronik, IPA, partikel, plomp

 

 

 

ABSTRACT

This research is about to develop and product the electronic teaching science book. The development research using development model of Plomp which consist of five phases, they are investigation, design, realization/construction, test, evaluation and revision, and implementation. Subject test for development product is 8th Grade student of Islamic Junior High School Al Biruni Makassar which consist of 20 students. Data were collected by measuring validity, practices, and effectivity using questionnaire, validity sheet, observation sheet, and evaluating sheet. Data were analyzed by using descriptive statistics analysis. The results of the study reveal all of the items and the aspects measured are the assessment of media validity obtained valid criteria with value 3,83, the assessment of media practicality was practical with percentage 93,75 int total of “Very Agree” and “Agree”. The result of student test was 80% and 8 activity that observed were achieved. The result indicates that Science Flashbook conducted was valid, practical, and effective. The conclusion is the development of Science Flashbook as electronic teaching science book is feasible as learning media and learning sources.

 

Keywords: development, electronic learning material, science, particle, plomp.


Full Text:

DOWNLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8671

Article Metrics

Abstract view : 68 times | DOWNLOAD PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.