PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PRAKTIKUM DASAR-DASAR KIMIA ANALITIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS JURUSAN KIMIA UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Wa Nirmala(1*), Ramlawati .(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5617

Abstract


Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diukur dengan menggunakan asesmen pembelajaran. Dalam pembelajaran sains (praktikum) dibutuhkan asesmen yang baik dan terencana untuk menilai proses maupun hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan asesmen praktikum berbasis Keterampilan Proses Sains yang dapat mengukur aspek kognitif, psikomotorik dan sikap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memperoleh perangkat asesmen praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang valid, relibel dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas SAINTEK UIN Alauddin Makassar dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester tiga sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data melalui: 1) wawancara bebas; 2) pengamatan (observasi) dan asesmen langsung terhadap rancangan perangkat asesmen praktikum berbasis KPS; 3) dokumentasi dan 4) penyebaran angket dan lembar keterlaksanaan perangkat. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis validasi ahli, analisis reliabilitas dan kepraktisan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengembangan dilakukan dalam lima tahap yaitu investigasi awal; perancangan; realisasi; tes, evaluasi dan revisi; dan implementasi serta perangkat asesmen praktikum berbasis KPS yang dikembangkan bersifat valid, reliabel dan praktis

 

Kata kunci: pengembangan plomp, asesmen praktikum, keterampilan proses sains.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hodosyova, Martina, Jana Útla, Monika Vanyová, Petra Vnuková, and Viera Lapitková. 2015. The Development of Science Process Skills in Physics Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 982- 989.

Kruea-In, Chatchai, Nantarat Kruea-In and Witat Fakcharoenphol. 2015. A Study of Thai In-Service and Pre-Service Science Teachers’ Understanding of Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 993-997.

Mansyur, Harun Rasyid dan Suratno. 2015. Asesmen Pembelajaran di Sekolah, Panduan Bagi Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sa’dijah, Cholis. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, (online) Vol. 4, No. 2 (http://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009, Diakses 13 September 2016).

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Susilaningsih, Endang. 2012. Model Evaluasi Praktikum Kimia Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (online) Vol. 16 No. (https://download.portalgaruda.org/article.php?article=52268&val=448, Diakses 15 Maret 2016)


Article Metrics

Abstract view : 816 times | PDF view : 430 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.