PENGARUH MEDIA ANIMASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Subhan .
Pince Salempa
Muhammad Danial

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi dalam  model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar pada materi kesetimbangan kimia. Desain penelitian Post test-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 21 Makassar yang terdiri dari 8 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan berpikir kritis sebanyak 15 soal uraian yang terbagi menjadi 3 kode soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi dan pengujian hipotesis terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh deskripsi rata-rata keterampilan berpikir kritis dan standar deviasi untuk kelompok eksperimen adalah 81,35%, dan 7,78. Sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis dan standar deviasi untuk kelompok kontrol adalah 70,53% dan 7,27. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 180,33 dan nilai ttabel =1,67. Dengan membandingkan nilai thitung 180,33 > ttabel 1,668 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasi dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar.

 

Kata kunci:      Inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar dan kesetimbangan kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Anas, Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarbuan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azmi, Choirina, Unik. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Semarang. Semarang

Carol C, Kulhthan dan Ross J. Todd, 2006, “Guided Inquiry Activity: A. Framework For Learning Through School Libraries ON 2 1st Century School (Contuctivist Learning and Guided Inquiry)”, Amerika.

Costa. 1988. Developing Mind: California. ASCD

Colburn, Alan. 2000. An Inquiry Primer. California University: Science Scope.

Devi Diyas Sari. (2012). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman Tahun Ajaran 2012”. Program Studi Pendidikan IPA UNY.

Dzulkifli, Efendi. 2013. “Penerapan Model Student Facilitator and Explaining pada Perkalian Bilangan Bulat,” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.

Ennis, R.H. (2002). “An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment”. This is a revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. http://www.criticalthinking.net/goals.html. Diakses pada 12 Januari 2015.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handikha, Jefri. 2010. Pembelajaran Fisika Memiliki Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Demontrasi Ditinjau Dari Aktivitas Dan Perhatian Siswa. Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Semarang. Semarang.

Herawati, Rosita fitri. 2013. Pembelajaran kimia berbasis multiple representasi ditinjau dari keterampilan awal terhadap prestasi belajar laju reaksi siswa SMA NEGERI 1 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia (JPK). No 2.

Hoffler, N. Dkk. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Kognitif Visual dari Animasi Instruksional dan Gambar Statis (terjemahan). Jerman: Universitas Kiel.

Kadhafi, Rizky. 2013. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk SMK. Universitas Negeri Malang. Malang.

Kalsum, Siti, dkk. 2009. Kimia 2 Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan. Jakarta.

Liliasari., 2005. Scientific Concepts and Generic Science Skills Relationship In The 21st Century Science Education. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education., 27 October 2007. Bandung. 13 – 18.

Masita, Meici. 2012. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual”, Jurnal Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo.

Plass, Chun, Mayer & Leuther. 1998. Furthemore, the oppurtunity to Easily Include Videos And Animation. Psychology education.

Pusporini, Sri. 2012. Pembelajaran kimia berbasisi problem solvinf menggunakan laboratorium rill dan virtual ditinjau dari gaya belajar dan kemampunan berpikir kritis siswa. Jurnal inkuiri. No 1.

Rahardian, Dewi, Titah. 2011. Metode The King Kimia Ala Tentor. Wahyumedia. Jakarta.

Rahmawati. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar.

Retnosari, Nila. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri di bojonegoro”. Pendidikan Biologi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang.

Rohati, 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Slow Learner, jurnal P3LB2014.

Ruwaidah, titik.2012. Pembelajaran kimia dengan metode problem posing dan pemberian tugas ditinjau dari keterampilan berpikir kritis analisis dan kreativitas siswa. Jurnal inkuiri. No 1.

Rusman, D.R. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Salahuddin, M. 1986. Media Pendidikan.Surabaya: PT. BinaIlmu.

Salim, A. 2003. Animasi Dengan Flash.(http://learning.Unla.ac.id/praktikum/sim-tutorial/web%20dan%20 internet/tutorial%20flash%20v4.0.pdf) diakses tanggal 08 agustus 2016.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sobihi, Muh dan Siswanto, joko. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Semarang. Semarang.

Smaldino, S. E. 2008. Instruktional Technologhy and Media For Learning. Columbus: Pearson Merrill Prentice Hall.

Sriwenda, Ai. 2013. Penerapan pembelajaran model roblem posing untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI IPA 5 SMA NEGERI 1 Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Jurnal pendidikan kimia (JPK). No 2.

Susilo. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa”. Pendidikan Biologi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang.

Sukiyasa, Kadek. 2013. pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif, jurnal pendidikan vokasi, vol 3/no 1, (Februari, 2013).

Sugiyono, Prof. DR. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suheri, A. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Animasi Pembelajaran.

Tood, Ross J. et. all. 2005. A toolkit and Handbook For Tracking and Assessing Student Learning Outcomes of Guided Inquiry Through The School Library. Rutgers University: Institute for Museum and Library Service.

Uyanto, S. S. 2009. Pedoman Analisis Data SPSS. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Yamin, Martinis. 2007. Taktik mengembangkan keterampilan individual siswa. Jakarta: Gaung persada Press.


Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.