PENGARUH SIKAP, KONSEP DIRI, DAN KESADARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN DI KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA

Nuzul Kurnia Nurdianti Putri(1*), Muhammad Danial(2), Nurdin Arsyad(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5613

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gambaran deskriptif sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia, konsep diri, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI Mia SMAN di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, apakah ada pengaruh sikap, konsep diri, dan kesadaran metakognitif, secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas, apakah ada pengaruh sikap terhadap hasil belajar kimia, apakah ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar kimia, apakah ada pengaruh kesadaran metakognitif terhadap hasil belajar kimia, apakah ada interaksi sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia dan konsep diri dalam mempengaruhi hasil belajar kimia, apakah ada interaksi konsep diri dan kesadaran metakognitif dalam mempengaruhi hasil belajar kimia peserta didik, apakah ada interaksi sikap peserta didik pada mata pelajaran kimia dan kesadaran metakognitif dalam mempengaruhi hasil belajar kimia peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis menunjukkan p – value < 0,05 yang artinya model layak digunakan. Model yang digunakan adalah Y = - 75,003 + 0,171 X1 + 0,611 X­2 + 0,508 X3 + 0,000 X1X2 + 0,000 X1X3 – 0,003 X2X3 . Sikap siswa, konsep diri, dan kesadaran metakognitif siswa berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar kimia baik secara teoritis maupun secara empirik. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa hasil interaksi antar variabel independent tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa, sehingga model terbaik yang dapat digunakan untuk menaksir hasil belajar kimia adalah model tanpa interaksi, yaitu: Y = - 32,875 + 0,113X1 + 0,217X2 + 0,200X3.

 

Kata Kunci: Sikap Siswa, Konsep Diri, Kesadaran metakognitif, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali.

Abu Ahmadi, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alex Sobur. 2016. Psikologi Umum (revisi). Bandung: PustakaSetia.

Amwalina. 2006. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional. Skripsi: Universitas Islam Indonesia. http://psychology.uii.ac.id/images/stories/jadwal_kuliah/naskah-publikasi- 00320050.pdf. Tanggal akses: 2 Oktober 2016.

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Anis fauziana, 2008. Identifikasi karakteristik metakognisi siswa dalam memecahkan masalahmatematika dikelas VIII-F SMP N 1 Gresik, Skripsi.Tidak dipublikasikan. Surabaya:UNESA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RinekaCipta.

Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Liberty.

Curtis, Karena M. 2006. Improving Student Attitudes: A Study of A Mathematics Curriculum Innovation. http://krex.k-state.edu/dspace/bitstream/2097/151/1/Karena Curtis2006.pdf. Diakses 2 Oktober 2016.

Darsono, max dkk. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 SMP Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Durand, V. Mark & Barlow, David H. 2006. Inti sari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

E.P. Hutabaret, 1998. Cara Belajar.Jakarta: PT BPK GunungMulia,

Elida Prayitno. 1990. Perkembangan Peserta Didik (Remaja) Padang: FIP IKIP Padang

Fahrurrozi, F. 2007. Pengaruh Konsep Diri dalam Pencapaian Prestasi Belajar. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Manajemen Komunikasi.

Hanafiah, Nanang &CucuSuhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hardjana, Agus M. 1994. Kiat Sukses di PerguruanTinggi. Yogyakarta: Kanisius.

http://www.belajarbagus.net/2015/04/faktor-yang-mempengaruhi-belajar.html. tanggal akses 17 oktober 2016

IbnuHajar, 1996. Dasar-Dasar Metodologi Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta PT. Raja GrafindoPersada,

Ismaimuza, D.2010. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap Kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika volume 4.no.1.

Keliat, Budi Anna, Dkk. 2005 .Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 2. Jakarta: EGC

Khadijah tabrani. 2012. Sikap Peserta Didik. http://khadijahtabrani.blogspot.co.id/2012/04/sikap-peserta-didik.html Tanggal akses 2 Oktober 2016

Kulm, Gerald. 1980. “Research on Mathematic Attitude”. Dalam Richard J. Shumway. Research in Mathematics Education. Reston VA: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Lexi J Moloeng,1990. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung :Tarsito

M. NgalimPurwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Makalah disajikan pada seminar nasional pendidikan matematika di IAIN sunan ampel Surabaya tanggal 24 mei 2008,

Mardalis.1995. Metode Penelitian suatu pendekatan proposal, Jakarta: Bumi Aksara

Mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel20Ikeb%20Trymas%20Ayulanda.pdf. tanggal akses 17 oktober 2016


Article Metrics

Abstract view : 859 times | PDF view : 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.