PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO (STUDI PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)

Hasrida .(1*), Pince Salempa(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan  model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan  model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik; (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada tidaknya pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning dengan kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X.2 dan kelas X.3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning  terhadap pemahaman konsep peserta didik; (2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning  terhadap motivai belajar peserta didik; (3) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik; (4) ada pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik; (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik; (6) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adesoji, Francis A. 2008. Students’ Ability Levels and Effectiveness of Problem-Solving Instructional Strategy. J. Soc. Sci., 17(1): 5-8.

Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5(1): 68-75.

Dahar, R.W. 2011. Teori–teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Ni Md. Sintya Novita., Jampel, I Nym., & Sudarma, I Km. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas IV Gugus I Kecamatan Jembrana. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginanjar., Agi. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Kependidikan, Volume 45, Nomor 2, November 2015, Halaman 123-129.

Herawati, Rosita Fitri., Mulyani, Sri., & Redjeki, Tri. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2 Tahun 2013 Universitas Sebelas Maret Program Studi Pendidikan Kimia.

Husnaeni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 22 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit). Thesis. Tidak Diterbitkan.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching. Terj. Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce & Weil. 2002. Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laratu, Wahyuni N., Darsikin. & Wahyono, Unggul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Animasi Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis Siswa SMA Negeri 8 Palu. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 2, April 2016 hlm 78-85.

Lin, Y.C., Lin, Y.T. & Huang, Y.M. 2011. Development of a Diagnostic System Using a Testing-based Approach for Strengthening Student Prior Knowledge. Computer & Education, 57: 1557—1570.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nuh, Mohammad. 2014. Kualitas Pendidikan Ditentukan Oleh Guru Dan Kurikulum Yang Berkualitas. http://www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/ 309.html.

Oghenevwedw, O. E. 2010. Effect od Discovery and Inquiry Approaches in Teaching and Learning of Biology on Secondary School Student’s. journal of Research in Education Nigeria, 1(2) 30-39.

Rahman, R. dan Maarif, Samsul. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhlas Pamaciran Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Bandung, 3(1):33-55

Rizkiana, Fitria., Dasna, I Wayan. & Marfu’ah, Siti. 2016. Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman: 354—3.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sochibin, A., Indah, D.W., dan Indriani. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5 (2009): 96-101.

Sudjana, Nana. 2011. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriyanto, Bambang. 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, Vol. 3, No. 2, hal 165-174.

Syahputri, Ayu dan Derlina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Semester Genap pada Materi Pokok Fluida Dinamis di SMA N 1 Stabat T.P 2014/2015. Jurnal Inpafi Vol. 4, No. 4, Nop 2016.

Uno, Hamzah B. 2010. Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Pubhlishing.

Yulianingsih, U. & Hadisaputro, S. 2013. Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2): 1-7.


Article Metrics

Abstract view : 788 times | PDF view : 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER UNM Indexed by:

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.