PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

Darmaeni .
Nurdin Arsyad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk menghasilkan  perangkat  pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, garam; (ii) untuk mendeskripsikan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, dan garam.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPP, Buku Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori sangat valid untuk RPP dan BAPD dan kategori valid untuk LKPD serta  dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pada penelitian ini uji coba dilakukan satu kali. Uji coba dilakukan pada kelas VII2 SMP Negeri 1 Bulukumba. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing  sudah praktis, (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam, basa, dan garam sudah efektif karena telah memenuhi 3 dari 4 indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar telah tercapai,  aktivitas  peserta didik pada setiap pertemuan berada pada rentang batas toleransi , dan respon peserta didik  berada pada kategori positif. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi Asam, Basa, dan Garam  yang   memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Al’Azzy,U.L & Budiono Eddy.(…..). Penerapan Strategi Brain Bassed Learning yang dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Online. http:// Jurnalonline.um.ac.id/…./artikelID7E65F5E46C6CBD3E592D38AF9EF0..(diakses pada tanggal 21 Januari 2016)

Apriliyana U, Fitrihidayati H, Rahardjo. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Pencemaran Lingkungan dalam Upaya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA.

Asmuniv.(2015). Pendekatan Inkuiri dan Siklus Belajar sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis. Malang: PPPPTK-VEDC.Online.(http://www.Vedcmalang.com/pppptkboemlg/indeks.php diakses pada tanggal 11 Januari 2016)

Damayanti,D.S, Ngazizah,N, Setyadi K,E. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purwerejo kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Online. Radiasi Vol.3.No.1.Dyah Shinta Damayanti. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purwerejo. (diakses pada tanggal

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003. Online. http://sdm.datakemdikbud.go.id/…/undang-undang-no-20-entang.sisdiknas.pdf. (diakses pada tanggal 14 Januari 2016)

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan ajar. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Fatmawati,H, Mardiyana, Triyanto. (2013). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Online. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.2 No.9, hal 899-910, Novemver 2014. http://jurnal fkip.uns.ac.id.

Goldberg D E. 2008. Kimia untuk Pemula. Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga

Hadiyanti, L.N. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Critical ThinkingSkill) dalam Berbagai Deimensi Pembelajaran Biologi. Program Magister Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Sintesis Jurnal Internasional. Online.(diakses pada tanggal 16 Desember 2015).

Hamalik,O.(2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.

Herdian. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. Online. http://herdi07.wordpress.com/2010/05/07/model-pembelajaran-inkuiri.html

Jusmiati Jafar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Biologi terhadap aktivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Alla Kabupaten Enrekang. Tesis. Program Pascasarjana UNM Makassar. Tidak Diterbitkan.

Kemendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Miftah, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 2 Model Makassar. Tesis. Program Pascasarjana UNM Makassar. Tidak diterbitkan.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA

Patmawati,H. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan Metode Praktikum. Program Studi Pendidikan Kimia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Online (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/.../1 (diakses pada tanggal 30 Desember 2015)

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sohrah Saleh. 2015. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas VIIA SMP Angkasa Maros melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Tesis. Program Pascasarjana UNM Makassar. Tidak diterbitkan

Sukardjo. 1990. Kimia Anorganik. Jakarta:Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B.(2008). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara

Zaki,I. (2014). Berpikir Kritis. Online. http:// zaki.blogspot.cpm.2014/12/berpikir kritis.html…(diakses pada tanggal 16 Desember 2015)

Zubaidah, S.Mahanal,S. Yuliati,L. & Sigit, D. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678

CER Indexed by:

 

Creative Commons License
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.