Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v3i1.10413
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggareni, Tanggkas, I.M., & Herawati. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Studi IPA, 1 (3), 12-17.
Bunga, D. A. 2018. Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Barru. Utar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Jilid No 1.
Hake. 1999. Interactive-engangement vs traditional methods: a six-thosand-student survey of mechanics test data for intruductory physics courses. American Journal of Physics, 66 (1), 64-74.
Hapsari, D. P., Sudarisman, S., & Marjono. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal, (Online) 4 (2014): 1628, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=50691&val=4057).
Kristanto, Edy. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar X IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 22, Nomor 22, Oktober 2015. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Kuhlthau, C. C. 2007. Guided Inquiry. London: Libraries Unlimeted.
Linda, T. A. 2017. Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP TPS). Jurnal Online.
Maikristina, N., I Wayan Dasna, I. W., & Sulistina, O. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Malang Pada Materi Hidrolisis Garam. Junal (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/tikel68099EE989A697168C97626B63B8B4E4.pdf).
Normaya, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (April) 92-104.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencan.
Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Vanicheva, T., Kah, M., & Ponidelko, L. B. 2015. Critical Thinking Within The Current Framework of ESP Curriculum in Technical Universities of Russia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199: 657-65.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Zamroni & Mahfudz. 2009. Panduan teknis Pembelajaran yang mengembangkan Critical Thingking. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Pengembangan.
Article Metrics
Abstract view : 574 times | PDF view : 98 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal dipublikasikan oleh: Program Studi Pendidikan Kimia
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Alamat JL. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang 406 Lt 4, Indonesia.Phone 082393643737/085145825311/085242228678
CER UNM Indexed by:
Chemistry Education Review (CER) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.